Minggu, 26 Februari 2012

Cegah Atap Bocor


Dari semua cara menangani atap yang bocor, cara terbaik tetaplah dengan mencegah terjadinya kebocoran itu sendiri. Dengan mencegah kebocoran terjadi pada atap, Anda secara tidak langsung telah melindungi rumah Anda dari kerusakan yang lebih besar, karena kerusakan yang disebabkan oleh kebocoran air dapat menyamai kerusakan yang disebabkan oleh api jika tidak ditangani dengan tepat.


Mendengar kalimat “menaiki tangga dan memeriksa atap” mungkin mungkin membuat Anda malas melakukannya, namun ini adalah langkah yang sama sekali tidak boleh ditinggalkan jika ingin mencegah kebocoran pada atap rumah Anda .

Untuk mencegah atap bocor, inilah hal yang harus Anda perhatikan:

Jika atap Anda terbuat dari genting, periksa apakah ada genting yang patah, hilang, atau ada genting yang susunannya tidak rapat. Jika Anda menemukan masalah ini, segera perbaiki. Selain itu, periksa pada sambungan seperti nok dan karpusan, apakah ada bagian yang retak atau ‘hancur’ termakan cuaca dan usia bangunan.

Jika atap Anda terbuat dari dak beton, periksa apakah ada retakan atau bolong di seluruh area atap. Periksa juga apakah ada area yang tidak rata sehingga air berkumpul saat hujan.
Jika atap Anda terbuat dari asbes, periksa apakah ada bagian yang terlepas, rusak atau tidak rapat.

Periksa kondisi talang di sekitar atap. Pastikan talang bersih dan tidak tersumbat daun atau kotoran lainnya. Untuk atap wuwungan, atap dak beton dan asbes, jangan lupa untuk melapisinya dengan waterproofing. Anda dapat menggunakan Masterproof(link Masterproof) pada atap wuwungan, dak beton, bahkan pada atap asbes. Lapisi semua bagian atap, khususnya pada bagian sambungan atap seperti nok atau karpusan dan pertemuan atap dengan dinding.

Saat memeriksa kondisi dan melapisi atap dengan waterproofing, lakukan dengan hati-hati, jika perlu ajaklah orang lain untuk membantu Anda. Jika Anda tidak yakin memeriksa Anda dapat memeriksa kondisi atap rumah Anda, sewa jasa tukang bangunan untuk melakukannya.

~ Istalastu ~

Source : Wikipedia, google, yahoo, Istana Langit, Architecture Guideline Design Handbook
T A G S :
Arsitek, architect, aristektur, architecture, asia tile, albasia, atap, ac, air conditioning, aluminium, andy, andy nuryadmanto, balkon, bedroom, bathroom, batu, batu alam, beach, bali, borneo, bengkirai, bangkirai, bluescoope, board, baja, iwf, beam, broco, booth, bathub, budget, carport, canopy, coat, coating, civil engineering, career, carpet, cornice, cat, clipsal, chair, cost, dapur, dinning room, desk, design, desain, eksterior, essenza, elephant, eternit, edico, eterna, exhaust fan, exhibition, finishing,  fa├žade, free, furniture, fan, facebook, facebook login, friendster, friendster login, free, garasi, garden, gubahan, gratis,  granito, granit, granite, gypsum, gipsum, glugu, grc, genteng, genteng beton, genteng keramik, genteng metal, galvanize, gambar, google, hardscape, home, home theatre, harflex, hotel, handphone, interior, ici, inbow, island, istana, istalastu, istana langit, istana langit studio, jati, jacuzi, kamar, kolam,  kamar anak, kamar tidur, kitchen, karier, keramik, kalsi, kalsiplank, kayu, kalimantan, kruing, knauff, kalsiboard, kabel, kusen, kaca, kusen kayu, kusen aluminium, kursi, kloset, kos, kost, landscape, living room, lovina, lisplank, lysaght, lemari, lampu, losmen, milan, mulia, meranti, multiplek, metal, metal roof, multi roof, mpoin, meubel, meja, mezanine, outbow, park, platinum, plafond, parquete, prima, panasonic, paralon, plat, dag, properti, property, perumahan, room, ruang, ruang makan, ruang kerja, ruang belajar, ruang tamu, ruang keluarga, roman, rangka atap, rumah, resor, resort, softscape, super milan, smartruss, star, sakura, surya roof, sirap, supreme, sparing, sloof, slab, stone, studio, shower, search enginee, taman, teras, tampak, tanah, tanah liat, table, theme, void, vacancy, video, wood, wood filler, wood coating, woodplank, waterproof, waterproofing, wavin, zyncalume.