Find Article in This Blog

Jumat, 23 Maret 2012

Pariwisata Jawa


Kadang ku terpana, menyaksikan keindahan yang ada di Pulau Bali, yang terkenal dengan sebutan Pulau Dewata, Pulau’nya Para Dewa. Banyak sekali keindahan yang terdapat di Pulau Tersebut. 1 tahun yang kulalui di Pulau Bali pada saat aku ditugaskan di sana, meninggalkan kesan yang luar biasa. Penduduk yang ramah, tidak sungkan untuk membantu, keseharian yang kental dengan kehidupan dan tata cara adat yang sangat menarik para Wisatawan Mancanegara untuk mendistribusikan uang mereka (Dollar, Yen, Poundsterling, Won, Yuan, dan lainnya) kepada Indonesia umumnya, atau kepada Masyarakat Bali pada Khususnya.


Dari waktu ke waktu para Wisatawan Mancanegara silih berganti datang berkunjung ke Pulau Bali, sesuai dengan musim tertentu di Negara mereka masing-masing untuk berlibur dan menikmati hidup di Pulau eksotis ini. Mulai dari pantai, gunung, bangunan religius, pusat kesenian dan lainnya mereka lahap dengan nikmatnya.

Aku berfikir, apa yang kurang dari Pulau Jawa ? tempat tujuan pariwisata sangatlah berlimpah, bahkan dengan jumlah yang berlipat dari yang dimiliki oleh Pulau Dewata. Wisata Pegunungan banyak dimiliki oleh Pulau Jawa (exp. Bromo, Puncak Bogor, Tawangmangu, Kaliurang, dieng, etc), wisata pantai atau laut (exp. Parangtritis, Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Ancol, Anyer, etc), Wisata Kepulauan (exp. Kepulauan Seribu, Karimun Jawa, etc), Wisata Danau atau Waduk (exp. Cirata, Jatiluhur, Situ Patenggang, Sarangan, etc), Wisata Hutan atau Kebun Raya atau Taman Nasional (exp. Kebun Raya Bogor, Kaliurang, Mekarsari, Losari Coffee Plantation, Ujung Kulon, Kyai Langgeng, Cibodas, etc), Wisata Kebun Binatang (exp. Ragunan, Jurug, Gembira Loka, Sea World, etc), Wisata Air (exp. Grojogan Sewu, Curug Luhur, Sungai Elo Magelang, Citarik, Green Canyon, etc), Wisata Religius (exp. Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut, Mesjid Demak, Katedral, etc), Wisata Techno atau edukasi (exp. Taman Pintar, Jatim Park, Techno Park, etc), Wisata Gua atau Cave (exp. Gua Jatijajar, Gua Kiskendo, Gua Cermei, etc), Wisata Museum (exp. Museum Nasional/Monas, Museum Gajah, Museum Batik, Danarhadi House of Batik, Museum Fatahilah, etc), Wisata Taman bermain (exp. Dunia Fantasi, Owabong, Waterboom places, etc), Desa Wisata (exp. Kampung Naga, Dusun Tembi, Kasongan, tanggulangin, etc) dan masih banyak sekali jenis wisata lainnya, termasuk lokasi belanja serta lokasi kuliner yang sangat beraneka ragam.

Akan tetapi, kenapa Pamor Pulau Jawa masih kalah dengan Pulau Bali ? Masyarakat Bali memang memiliki suatu keunggulan yang khas selain keindahan alamnya, yaitu kesehariannya yang menarik, yang kental dengan suasana budaya serta religius. Itu yang memiliki nilai jual yang tinggi bagi para wisatawan asing yang datang. Saya pun merasakan suasana yang hangat selama berada di Bali. Mereka pun ramah dengan para pendatang, saling tidak mengganggu kepentingan masing-masing, apalabi mereka pun berfikir bahwa para wisatawan tersebut memberikan penghidupan yang berarti bagi seluruh masyarakat bali.

Hal lain yang juga membuat kenapa Pariwisata begitu berkembang disana, yaitu dukungan dari pemerintah daerah Bali sendiri, serta seluruh jajaran yang ada dibawahnya, sampai dengan tingkatan Banjar. Semua dapat berkolaburasi dengan baik dan harmonis, sehingga menciptakan suatu kondisi yang kondusif bagi dunia Pariwisata.

Pulau jawa, yang mana memiliki banyak sekali Tempat Tujuan Pariwisata, kenapa tidak bisa menyaingi, ataupun mendekati ketenaran Pulau Bali, serta memancing keinginan para wisatawan asing serta Tour Agency Mancanegera untuk menjadikan Pulau Jawa sebagai target tujuan berlibur mereka. Hanya sebagian kecil saja tempat di Pulau Jawa yang dapat memancing ketertarikan Wisatawan Asing untuk berkunjung, seperti Yogyakarta dan Solo (yang mana lokasinya relatif berdekatan). Apa sebenarnya yang membuat hal tersebut menjadi terlihat sangat sulit untuk dapat direalisasikan. Coba saja anda menyempatkan diri untuk melihat sebagian besar tempat wisata yang kita miliki (dalam hal ini tempat wisata alam yang asli, bukan buatan seperti taman bermain). Anda akan melihat beberapa tempat tersebut sangat memprihatinkan kondisinya. Entah siapa yang bersalah dalam hal ini, masyarakat yang merasa cuek dengan hal tersebut ? Pemerintah yang kurang memiliki rasa sensitif terhadap daerah yang dikelolanya ? atau hal lainnya ?

Padahal, Tempat Wisata alam merupakan SUMBER DAYA ALAM yang tidak akan pernah habis (kecuali alam yang memiliki kehendak lain), sehingga kenapa kita harus pusing dengan minyak bumi serta SDA lain yang dapat habis, dimana kita memiliki SDA lain yang awet, serta dapat memancing penghidupan yang lebih layak bagi masyarakat disekitarnya.

Peran Pemerintah dalam hal ini adalah merupakan yang paling utama dan akan sangat berpengaruh terhadap berkembangnya Pariwisata di Pulau Jawa. Apa yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Pusat untuk mengembangkan Pariwisata di Pulau Jawa, bahkan di Indonesia ?. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan oleh Pemerintah. Pemerintah dapat meningkatkan perhatian terhadap infrastruktur daerah yang menunjang keberadaan tempat-tempat wisata. Jalan-jalan umum yang menuju tempat wisata tersebut diperhatikan kelayakannya, sehingga mudah serta nyaman untuk dilalui. Koordinasi dengan pihak tertentu dapat pula dilakukan kaitannya dengan transportasi dari lokasi umum menuju tempat wisata sehingga mudah untuk ditempuh.

Setelah hal tersebut dilakukan, baru kemudian dapat diambil langkah untuk mengolah tempat wisata tersebut, baik itu dilakukan oleh Pemda sendiri, atau bekerja sama dengan pihak Swasta, yang saya yakin memiliki system manajemen yang lebih baik serta media promosi yang lebih luas cakupannya. Apabila manajemen dari tempat wisata dipegang oleh pihak Pemda, maka harus disusun atau dibentuk suatu SOP serta body of knowledge mengenai operasional dan maintenance dari lokasi tersebut. Pasar atau tempat berjualan di sekitar tempat wisata pun harus diperhatikan dengan baik, dimana para penduduk disekitarnya, dapat menawarkan atau menjual souvenir-souvenir serta hasil bumi dari daerah tersebut, sehingga para Wisatawan yang datang dapat berbelanja disitu dan para penduduk disekitarnya dapat membaik tingkat ekonominya.

Dapat kita lihat, dengan terpelihara dengan baiknya lokasi-lokasi wisata di Jawa, serta semua infrastruktur pendukungnya, keadaan perekonomian daerah akan menjadi baik. Apabila para penduduk dapat meningkat taraf hidupnya, hal tersebut akan juga berpengaruh terhadap daya beli dari masyarakat yang akan berpengaruh pada sirkulasi perputaran dunia bisnis di Indonesia. Hal tersebut sudah jelas akan memiliki pengaruh kepada Pemerintah, yaitu dari sektor pajak. Terhadap kondisi Nasional ? sudah tidak perlu dipertanyakan kembali.

Semakin banyak tempat wisata yang terkelola dengan baik, sudah pasti akan membuat para Wisatawan (dalam hal ini target kita adalah wisatawan asing) akan semakin lama tinggal di Pulau Jawa. Dari sisi hotel dan penginapan sudah pasti akan terjadi peningkatan pendapatan. Para wisatawan tersebut pasti juga memiliki kebutuhan untuk makan, nah, dari sektor penjualan makanan (wisata kuliner) juga dapat dipastikan terjadinya peningkatan. Peningkatan pendapatan tersebut apabila kita coba paparkan yaitu : transportasi, parkir, pakaian, makanan khas daerah, kebutuhan harian, sektor jasa, kesenian, travel agency, dan hampir dapat dipastikan seluruh sektor bisnis yang ada didaerah sekitar lokasi akan menjadi berkembang.

Yang membuat kadang saya penasaran, Kenapa Pemerintah masih juga tidak menyikapi hal yang sedemikian jelasnya di depan mata kita ? apakah mereka sedemikian bodohnya untuk dapat menyadari hal tersebut ? Apakah dari masyarakat sendiri yang terlalu acuh terhadap hal tersebut. Semoga apa yang saya sampaikan disini dapat menggugah pemikiran, atau membawa suatu pandangan yang baru untuk kondisi kita yang lebih baik, sehingga kita tidak perlu kalut dengan issue mengenai kenaikan harga, dimana secara ekonomi kita sudah berada pada kondisi yang sejahtera. (istalastu) 

airport, airports, austria, airlines, ancient, attraction, andy nuryadmanto, audrey khalida, asia, asean, adisucipto, argentina, australia, brazil, bandung, bali, borobudur, bedugul, batik, budha, budaya, buddhist, batam, belgium, beach, beaches, brunei, beverages, bunaken, campaign, chile, candi, central java, canada, culture, cultural, denmark, denpasar, dive, diving, egypt, ethnic, etnik, east java, finland, france, forest, festivities, festival, food, gili, gunung, guide, germany, guide book, heritage, hutan, hindu, hungary, hong kong, hindhus, indonesia, iran, istana, istana langit, istalastu, italy, islam, ireland, irian, jakarta, jungle, jogja, jogjakarta, java, jawa, jawa timur, jawa barat, jawa tengah, japan, jimbaran, KFC, kalimantan, kaliurang, kuliner, kuwait, kuta, legian,luxembourg, language, laweyan, lombok, Mc’Donald, makanan, minuman, muslim, moslem, magelang, mountain, macau, morocco, malaysia, mount, nusa dua, ngurah rai, nusa tenggara, nasional, new zealand, norway, natural, national, peru, philippines, passport, pbb, pizza hut, portugal, prambanan, parks, park, poland, pdf, pantai, qatar, russia, rimba, resor, resort, resorts, sulawesi, saudi arabia, sumatra, stupa, sangeh, sandang sari, surakarta, solo, singapore, surabaya, semarang, switzerland, spain, south africa, south korea, taiwan, the united kingdom and the united states, travel, thailand, travels, travellers, traditional, tradisional, tradition, transport, temple, taman, tour, tourism, tourisme, united arab emirates, unesco, uno, visa, vacation, vietnam, volcanoes, west java, yogyakarta.



Sponsored Link :


All Advertising Services. We Come To You (Jakarta Area Services)

Indonesian Online Batik Shop

Online Florist Services, Just need a simple way to show your attention


Posting Komentar

S p o n s o r e d L i n k :

Istana Langit Studio

Architecture Design & Tourism Guidance

Story of Audrey

Not just a Story. But it’s Adventure.

Peewee Joke

A lot of Joke were here. Visit and see it

Café Peri

Many food to make you laugh till you cry

Beauty Indonesia

Beauty of Indonesian Culture & Arts

Amazing World

Our world were so amazing that you can’t imagine

Song Lyric’s

All you can find for yor favorit song

Islam Guidance

Ya Allah, ku bersujud kepadamu

House of Quotes

You can learn from everything. That’s the fact

Flora & Fauna

Cerita soal dunia satwa dan tanaman











Advertise Here