Senin, 02 April 2012

Tips Dapur



Asap dapur, sisa uap masak, ditambah lagi tumpukan sampah basah, bisa menjadi sumber polusi di rumah. Ada banyak hal bisa kita lakukan untuk mengurangi polusi yang terjadi di dapur. Diantaranya adalah:

Kurangi bahkan jika mungkin hilangkan sama sekali, penggunaan kompor minyak atau arang. Kedua kompor ini menghasilkan lebih banyak asap dibanding kompor gas. 


Sediakan bukaan yang cukup, sebagai ventilasi untuk dapur. Dengan demikian, pertukaran udara dapat terus berlangsung, sehingga dapur terhindar dari endapan asap atau uap masak. 

Jika perlu tambahkan cooker hood untuk menghisap dan mengeluarkan asap atau uap masak.

Buang sampah secara teratur. Jangan biarkan sampah menumpuk semalaman. Hal ini perlu dilakukan agar dapur terhindar dari bau tak sedap dan hama pengganggu. 

Tempatkan tanaman pot di dapur. Keberadaan tanaman dapat mengurangi udara kotor di dapur. Tempatkan di vas atau pot-pot mungil. Selain sehat, tanaman juga mempercantik dapur.

Pisahkan kegiatan antara Dapur Basah dan Dapur Kering. Hal ini dapat membantu dalam pengendalian sampah atau kotoran sehingga mudah dalam pembersihannya.

Nah, selamat menikmati dapur sehat anda. (istalastu)